4 Standar Kompetensi Guru

Sebagai ilustrasi, seseorang yang memiliki profesi sebagai manajer manajemen risiko, wajib memiliki kompetensi mengenai manajemen risiko agar dapat menunjang kinerja dan performa kerjanya. Walau begitu, seseorang yang memiliki kompetensi dalam bidang manajemen risiko, tidak serta merta memiliki profesi yang berkaitan dengan manajemen risiko. Mandiri pada hakekatnya bermakna mampu bertindak sendiri tanpa bantuan pihak lain, bebas dari campur tangan siapapun dan bebas dari pengaruh apapun. Adil pada hakekatnya bermakna menempatkan sesuatu pada tempatnya dan memberikan yang menjadi haknya, yang didasarkan pada suatu prinsip bahwa semua orang sama kedudukannya di depan hukum. Selanjutnya untuk menjamin terlaksananya tugas utama tersebut, pada pasal eight mensyaratkan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani, dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Substansi atau materi hukum, yaitu aturan, norma, dan pola perilaku nyata manusia yang berada dalam system itu.

Maka dari yang baik itu terus kita tingkatkan dan dari yang buruk itu kita evaluasi dan diperbaiki sebaik mungkin agar tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan itu terjadi kembali. Dari belajarlah pemahaman akan bertambah dan kesalahan diperbaiki sehingga kemampuan dalam berdakwah semakin meningkat. Belajar melalui membaca, baik yang tersurat maupun tersirat dari pengalaman itu sendiri. Seorang dai tidak boleh berhenti mencoba hal baru dan berdialog dengan orang lain. Kebanyakan dai tidak mau menerima kritik dan saran dari para jama’ahnya, karena ia merasa dirinya sudah terlalu menguasai segalanya, jadi kritik dan saran itu hanya diabaikan saja tidak diragukannya.

Untuk mengawasi pelaksanaan kode etik guru dan memberikan rekomendasi pemberian sanksi atas pelanggaran kode etik oleh guru dibentuk dewan kehormatan guru, dewan ini wajib melaksanakan rekomendasi dewan kehormatan. Golongan profesi ini sering menjadi pusat perhatian karena memiliki tata nilai yang tertuang secara tertulis . Pekerja profesional hukum merupakan pejabat umum di bidangnya masing – masing. Oleh karena itu, tugas pokok profesinya memberikan pelayanan umum kepada masyarakat tanpa diskriminatif berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Namun, meski kerap dihubungkan dengan dunia kerja, tetapi sikap profesional juga dibutuhkan di mana pun dan kapan pun. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana caranya menjadi seorang yang profesional. Karena kamu telah terbiasa bekerja dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi. Tak hanya itu saja, dengan berperilaku profesional kamu juga bisa mendapatkan respect dari atasan dan rekan kerja lainnya. Sebaliknya, kurangnya sikap profesional justru dapat membahayakan kariermu. Perlu Anda tahu, posisi atau jabatan tidak melulu bergantung pada kecerdasan seseorang.

Tanpa budaya hukum, maka sistem hukum itu sendiri tidak akan berdaya. Selain itu orang yang profesional juga memiliki ciri-ciri dengan keinginan untuk selalu mengejar banyak kesempatan. Hal ini dilakukan sebagai pengembangan profesional mereka supaya dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas pengetahuan sampai keterampilan yang dimiliki. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang arti profesionalisme dan yang lainnya dapat Klik di sini. Nah, dalam hal ini ternyata kamu tidak harus memiliki banyak pengetahuan, namun kuasailah sebuah bidang terbaik dalam pekerjaan sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Namun, bukan berarti kamu tidak wajib untuk terus menggali apa yang kamu tidak tahu lho, karena pengetahuan akan membawamu pada hidup yang lebih baik.

Standar professional akuntan publik mendefinisikan skeptisme profesional sebagai sikap auditor yang mencakup pikiran yang selalu mempertanyakan dan melakukan evaluasi secara kritis terhadap bukti audit. Seorang auditor yang skeptis, tidak akan menerima begitu saja penjelasan dari klien, tetapi akan mengajukan pertanyaan untuk memperoleh alasan, bukti dan konfirmasi mengenai obyek yang dipermasalahkan. Tanpa menerapkan skeptisme profesional, auditor hanya akan menemukan salah saji yang disebabkan oleh kekeliruan saja dan sulit untuk menemukan salah saji yang disebabkan oleh kecurangan, karena kecurangan biasanya akan disembunyikan oleh pelakunya. Profesi keguruan berhubungan dengan anak didik, yang secara alami mempunyai persamaan dan perbedaan.

Bagaimana untuk selalu mempunyai sikap profesional

Profesionalitas adalah sikap para anggota profesi yang benar-benar menguasai, sungguh-sungguh kepada profesinya. Profesionalitas adalah suatu sebutan terhadap kualitas sikap para anggota profesi pada profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka milki untuk dapat melakukan tugas mereka. Melengkapi bekerja keras dan profesional adalah praktek bersikap dan berperilaku mencontoh Rasulullah yaitu bersifat siddiq, fathonah, amanah dan tabligh agar kita diberikan keselamatan dunia dan akhirat. Sifat amanah adalah melaksanakan tugas yang dibebankan dan tabligh adalah mampu melakukan komunikasi yang baik. Aristoteles adalah pemikir dan filosof besar yang pertama berbicara tentang etika yang merupakan konsepsi tentang baik atau buruknya perangai atau perilaku seseorang.

Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Keberhasilan pendidikan dimasa yang akan datang akan ditentukan oleh pendidikan kita saat Agen PAY4D Terpercaya ini. Karena itu, sebagai insan pendidik, marilah berusaha semaksimal mungkin untuk mendidik anak bangsa, agar dapat menciptakan generasi yang unggul, cerdas dan memiliki akhlak yang mulia.