Kiat Tetap Produktif Saat Bekerja Di Rumah

Misal Anda tidak harus ke kantor setiap hari atau bekerja 8 jam sehari. Ingat pada saat Andainternship, Anda bekerja untuk belajar, bukan untuk mendapatkan gaji besar. Pilih pekerjaan yang memberikan banyak kesempatan untuk Anda belajar banyak, bukan perusahaan yang menawarkan gaji besar . Anda perlu meluangkan waktu jika Anda berencana menjadi bisnis rumahan yang sukses. Itu berarti mengatur agenda sedemikian rupa dan menjadwalkan waktu mengurus bisnis rumahan.

Cara untuk membagi waktu antara bisnis dengan kerja kantor

Membuat jadwal juga bisa membantu Anda lebih disiplin dalam mengerjakan pekerjaan. Meski berambisi untuk memiliki bisnis, jangan sampai abaikan pekerjaan kantor. Hal ini tentu tidak baik jika bisnis Anda justru mengganggu pekerjaan full time Anda. Agar mencegah terjadinya benturan jadwal di kedua kegiatan, Anda harus membuat jadwal serapi dan sedetail mungkin.

Kamu tidak perlu takut untuk mematikan ponsel saat menikmati quality time untuk dirimu sendiri. Saat kamu mengambil cuti dan liburan ke luar kota, sudah sepatutnya semua pekerjaan bisa ditunda sementara waktu. Semua rekan kerja hingga bos juga harus paham jika kamu sluggish respon saat membalas pesan dan panggilan telepon. Perusahaan mengatakan akan mempertimbangkan untuk meningkatkan layanan kantornya, mencari cara untuk menawarkan fasilitas seperti makanan dan fasilitas lainnya jika memungkinkan. Anda harus tahu kapan harus bertahan di pekerjaan tetap Anda, kapan Anda harus menjadi full-time entrepreneur. Pastikan bisnis Anda sudah memiliki peningkatan jumlah pelanggan yang konstan sebelum Anda memutuskan untuk keluar dari pekerjaan Anda dan berfokus sepenuhnya untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda tidak hanya harus memiliki tujuan yang jangka panjang, seperti jumlah pendapatan tahunan atau tanggal keluar dari pekerjaan, Anda juga harus memiliki tujuan mingguan dan harian. Ini dapat mencakup jumlah kontak pribadi yang harus dibuat untuk pelanggan potensial atau peluang PR, posting blog Link Kong4D, kontak media sosial baru, atau widget yang dibuat. Jadi dengan adanya manajemen waktu yang baik, Anda akan lebih menghargai waktu sehingga Anda dapat melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien, serta dapat mencapai target yang telah ditetapkan.

Akibatnya, waktu berjumpa dengan keluarga menjadi berkurang karena ada tugas yang harus segera dilaksanakan. Menjadi ibu yang bekerja bukan berarti Anda akan diistimekan oleh atasan. Jumlah pekerjaan Anda tentu akan sama dengan karyawan yang lainnya. Meski begitu, Anda tetap bisa mengajak diskusi atasan atau pihak HRD terkait kondisi Anda.

Pasti awalnya akan sulit dan banyak hal yang harus Anda korbankan. Namun kedepannya, Anda akan bersyukur Anda tidak terjebak dalam cari-cari alasan untuk menghindari tanggung jawab dan bangga akan keberanian menantang diri sendiri untuk memulai. Contohnya, saat di kantor sebaiknya selesaikan tugas kantor di kantor saat itu juga, dan saat sedang mengerjakan bisnis, lakukan saat itu juga.

Kalaupun terjadi, pasti hasilnya tidaklah maksimal dan memuaskan. Daripada memaksakan diri untuk multitasking, lebih baik bagi tugas dengan suami dan buatlah daftar apa saja yang bisa Anda kerjakan dan tugas rumah apa saja yang bisa dikerjakan suami. Meskipun terbilang sederhana namun setidaknya hal tersebut membuktikan bahwa Anda pun peduli.

Coba untuk paksakan diri kita untuk menyelesaikan segala pekerjaan dengan cepat dan tepat. Berhenti bekerja tepat jam 5 sore, dan beristirahat kembali ke rumah untuk makan malam dengan keluarga. Faktanya, makan malam bersama dapat membuat hubungan kita dengan keluarga menjadi semakin erat. Dengan menceritakan apa saja hal-hal yang terjadi hari ini, dan setiap anggota keluarga dapat menjadi pendengar yang baik. Lalu mengapa masih banyak pekerja atau karyawan yang memaksakan untuk berbisnis padahal mereka tahu bahwa hal tersebut dapat mengganggu pekerjaan? Alasan yang sangat logis adalah karena pendapatan dari bisnis terbilang sangat menggiurkan sekaligus dapat dijadikan sebagai pemasukan tambahan.