Sepi Pengunjung, Pelaku Usaha Wisata Di Kaliurang Curhat Kepada Putri Sultan

Kalaupun anda harus pinjam untuk modal usaha, usahakan jangan meminjam dulu di financial institution. Anda bisa mendapatkannya dari tabungan, menjual aset pribadi, dana dari investor, pinjaman financial institution. Namun akan lebih baik jika Anda menggunakan modal sendiri terlebih dahulu. Namun, bagi para pemula disarankan untuk memakai modal sendiri. Jika modal meminjam dari financial institution maka kemungkinan Anda akan ketetaran untuk memulai usaha baru karena harus membayar pinjaman tersebut. Perhatikan bagaimana perilaku konsumen untuk jenis usaha yang akan dirintis.

Gaji pertamanya ia sisihkan untuk membeli kamus dua bahasa asing tersebut dan mempelajarinya dengan tekun. Bisnis maskapai penerbangannya juga berawal dari bisnis perikanan tersebut. Dengan modal hanya Rp750 ribu hasil dari menjual perhiasannya, ia mulai membeli ikan dari tempat pelelangan dan memasarkannya ke sejumlah restoran. Setelah sempat tersendat, bisnis Susi akhirnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan bahkan kemudian merambah ke ekspor ikan dan lobster. Jika anda menguasai 100% konsep bisnis anda, dan memberikan penjelasan yang cukup jelas maka akan sangat banyak perusahaan lain atau investor yang beminat bekerja sama dengan anda. Cara memulai usaha yang paling mendasar adalah menentukan produk atau jasa yang ingin dijual.

Walaupun hanya usaha sampingan, tetapi survei tetaplah perlu dilakukan. Survei ini bertujuan untuk mengetahui harga pasaran pulsa di sekitar Anda, dan bisa dilakukan dengan cara cek harga di pedagang pulsa terdekat. Intinya, jangan sampai Anda menjual lebih mahal dari harga pasaran, karena tentunya pulsa yang dijual akan menjadi susah laku. Usaha besar tentu dimulai dari yang kecil lebih dahulu, dan Anda bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal. Mudah, tanpa biaya besar, dan waktu yang fleksibel adalah daya tarik bisnis ini.

Memulai usaha dari bawah

Coba cari tahu kelemahan produk atau hal yang tak dilakukan kompetitor. Brosur on-line – lebih mudah menyebarkan informasi melalui mesin pencari, sehingga tak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak brosur. Hemat biaya – biaya yang dikeluarkan untuk membangun “toko” di dunia maya jauh lebih hemat dibanding memiliki “toko” offline.

Pernahkah melihat pedagang yang usahanya mempunyai beberapa cabang? Mungkin saja Anda berfikir butuh modal besar untuk mempunyai cabang usaha. Mengingat makanan merupakan salah satu kebutuhan yang harus selalu dipenuhi, tidak heran jika usaha kuliner menjanjikan keuntungan besar dan berlipat dibanding bidang usaha lainnya. Bisnis yang efektif adalah bisnis yang selalu mengalami perkembangan atau dinamis. Oleh karena itu, rencana bisnis akan terus berubah dan berkembang seiring berkembangnya bisnis tersebut. Dengan begitu, kehadiran rencana bisnis bukan hanya mengawali perjalanan bisnis kita sejak awal, namun juga membimbing bisnis kita sampai kapanpun.

Jika Anda sudah memiliki niat, pengetahuan, dan langsung melaksanakannya sebenarnya Anda telah membuka jalan untuk meraih kesuksesan. Fenomena beralihnya kegiatan jual-beli ini memberikan peluang besar untuk orang awam untuk ikut terjun berbisnis di dunia digital on-line. Jadi ketika merencanakan bisnis baru, berpikirlah secara cerdik dan mulailah dengan bisnis skala kecil.

Perlu diperhatikan, evaluasi bukan hanya dilakukan ketika terjadi kesalahan yang menyebabkan kerugian. Sebaiknya, lakukan evaluasi mingguan atau bulanan untuk mengetahui dengan pasti bagaimana progres dan perkembangan usaha yang Anda jalankan. Alasannya sederhana, merintis dan mengelola usaha sendiri tidak semudah yang dibayangkan.